Skip to content

#SIP Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia

October 9, 2015

A. Arsitektur Komputer

    Arsitektur komputer adalah ilmu yang sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya. Dalam bidang teknik komputer, definisi arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem komputer.

     Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer sendiri mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program. Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dan lain-lainnya.

B. Komponen Arsitektur Komputer

  1. Input
    Input (Masukan) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer yang berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.
  2. Pemroses
    Sebuah komponen komputer yang bekerja untuk mengolah data yang masuk kedalam komputer.
  3. Penyimpanan
    Sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data baik sementara atau selamanya.
  4. Output
    Output (Keluaran) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Macam-Macam alat penunjang output :

a. keyboard berfungsi memasukkan data baik berupa huruf, angka, atau symbol. Mouse berfungsi sebagai cursor,

petunjuk, menggambar dan menjalankan perintah pada setiap program.

b. Alat mouse  ini dinamakan mouse karena berbentuk tikus dan mempunyai kecepatan seperti tikus.

c. TouchPad berfungsi sebagai mouse jari pada laptop atau notebook.

d. Joystick berfungsi untuk memasukkan data berupa perintah khususnya pada saat kita bermain game.

e. Scanner memiliki fungsi yang hampir sama dengan fotokopi, hanya saja jika hasil fotokopi keluar dalam bentuk

kertas tetapi jika scanner keluar dilayar komputer atau laptop.

f. Prosesor berfungsi seperti otak manusia, hanya saja prosesor adalah otak komputer.

g. VGA card berfungsi untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor.

h. RAM (Random Access Memory) berfungsi untuk menyimpan data yang hanya bersifat sementara saja.

i. Hardisk berfungsi untuk menyimpan data selamanya atau menetap. Bila komputer telah dimatikan datanya tidak

akan hilang seperti RAM.

j. Monitor berfungsi untuk menampilkan data atau informasi baik berupa gambar, huruf, atau yang lain-lain.

k. Printer berfungsi untuk mengeluarkan data atau informasi berupa kertas yang bergambar, huruf, atau yang lain.

l. Speaker berfungsi untuk mengeluarkan data atau informasi berupa suara.

m. Headphone memiliki fungsi yang hampir sama dengan speaker hanya saja memilik kapasitas suara yang lebih kecil.

n. Proyektor memiliki fungsi yang hampir sama dengan monitor tetapi proyektor menampilkan data dengan cara

memancarkan cahaya ke layar proyektor.

C. Kelebihan Arsitektur Komputer

  1. Informasi yang sudah tersimpan tidak tercampur dengan informasi lainnya
  2. tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memunculkannya kembali
  3. Multi user
  4. Dalam waktu bersamaan dapat membuka beberapa aplikasi

D. Kelemahan Arsitektur Komputer

  1. Karena ukurannya besar, maka diperlkan ruangan yang besar untuk menyimpannya
  2. Harganya mahal
  3. Kerjanya sangat lama

E. Struktur Kognisi Manusia

Struktur kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan faktual yang diperoleh dari lingkungan. Struktur kognitif terbentuk dari informasi lingkungan sebagai suatu stimulus dari lingkungan yang selalu berubah, maka struktur kognitif atau pengetahuan pun akan terus berkembang.

struktur kognisi manusia adalah sebuah sistem pada otak yang saling berhubungan yang dapat membuat individu dapat menerima informasi dan menggunakan informasi yang didapat  serta dapat memaksimalkan kerja sistem yang ada pada otak.

F. Kelebihan Struktur Kognisi Manusia

  1. Struktur kognisi lebih sistematis
  2. mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal

G. Kelemahan Struktur Kognisi Manusia

  1. Terkadang sulit mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari, karena tergantung individu masing-masing dalam mengoptimalkan cara berpikir mereka.
  2. membutuhkan waktu yang cukup lama

H. Hubungan antara Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia

struktur kognisi manusia lebih ke proses berpikir dan menjadi kontrol dalam proses berpikirnya sendiri, sedangkan arsitektur komputer yang menciptakan adalah manusia. jadi ada hubungan antara arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia yaitu komputer dirancang oleh manusia melalui proses berpikir.

Refrensi

  • H.S, D. Suryadi. (1994). Pengantar Arsitektur Komputer. Depok: Gunadarma
  • Margaret E. Gredler, learning and instruction: teori dan aplikasi, Jakarta: kencana, 2011 halaman 540
  • Hartono B. Konsep dan pendekatan masalah kognitif pada usia lanjut: Terfokus pada deteksi dini. Dalam: Cognitif problem in elderly. Temu Regional Neurologi Jateng-DIY ke XIX, 2002: 1-6
  • Solso, M. (2008). Psikologi kognitif. Jakarta : Erlangga
  • Erwin, Feradila, F., Alhaq, F., dkk. (2010). Arsitektur komputer. Depok: Universitas Gunadarma.

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a comment