Skip to content

#SIP EVOLUSI CBIS

November 25, 2015

Evolusi CBIS terdiri dari EDP, SIM, OA, dan ES. Sekarang kita akan bahas satu persatu apa itu EDP, SIM, OA dan ES.

  1. EDP

Awalnya komputer digunakan untuk aplikasi akuntansi (pengolahan data elektronik / EDP). Pada tahap ini aplikasi Accounting Information System (AIS) menggunakan computer hanya untuk pengolahan data perusahaan yang bersifat sederhana, di mana informasi untuk manajemen masih merupakan produk sampingan. Dalam bahasa Indonesia disebut juga Sistem Informasi Akuntansi (SIA). EDP yaitu Electronic Data Processing merupakan suatu proses pengolahan data terdiri atas tiga tahapan dasar yang bisa disebut dengan siklus pengelolahan data (data Processing cycle, yaitu, input, proses, dan output.

2.  SIM

Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan dari sistem manajemen atau sistem yang menyediakan informasi yang bertujuan mendukung operasi manajemen dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. SIM merupakan sebuah sitem yang terpadu untuk menyajikan informasi yang mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam organisasi, dalam bentuk hardware, software, dan prosedur manual.

3.  OA

Otomatis Kantor (office automation -OA) yang memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas diantara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat elektronik. OA berkembang meliputi aplikasi : konferensi jarak jauh (teleconferencing), voice mail, electronic mail, electronic calendaring, facsimile transmission, dan desktop publishing.

4.  ES

Expert System (ES) merupakan representasi pengetahuan yang menggambarkan cara seorang ahli dalam mendekati suatu masalah. ES lebih berpusat pada bagaimana menghodekan dan memanipulasi pengetahuan dari informasi. Adapun cara kerja ES sebagai berikut :
  • Pengguna berkomunikasi dengan sistem menggunakan dialog interaktif
  • ES menanyakan pertanyaan dan pengguna memberikan jawaban
  • Jawaban digunakan untuk menentukan aturan mana yang dipakai dan ES sistem menyediakan rekomendasi berdasarkan aturan yang telah disimpan.
  • Seorang knowledge engineer bertanggung jawab pada bagaimana melakukan akuisisi pengetahuan, sama seperti seorang analis tetapi dilatih untuk menggunakan teknik yang berbeda.

Sumber:

Laudon, K. C. & Laudon, J. P. (2008). Sistem informasi manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Umar, H. (2005). Evaluasi kinerja manajemen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Rama, D. V., & Jones, F. L. (2008). Sistem informasi akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Fatta, H. A. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi: Untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: ANDI

Amsyah, Z. (2005). Manajemen system informasi. Jakarta: Gramedia.

 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a comment