Skip to content

ASPEK PSIKOLOGI DAN ASPEK DEMOGRAFIS (tulisan dan pembahasan)

December 30, 2013

a.    Aspek Psikologis dan Individu Pengguna Internet
Banyak sekali terjadinya fenemona identitas diri melalui internet secara identitas nyata maupun identitas virtual yang memungkinkan individu mengubah sama sekali identitas nyatanya ke sebuah identitas lain yang sifatnya virtual dan karakteristik seseorang indvidu.
Salah satu hal yang selalu menarik dibicarakan dalam identitas virtual adalah tentang anonimitas (anonymity). Anonimitas dalam identitas virtual secara psikologis ternyata membawa berbagai dampak misalnya adalah hilangnya keseganan, ketakutan, dan keterikatan seorang individu terhadap belenggu sistem sosial yang ada di dunia nyata. Kesempatan ini memungkinkan seorang individu yang di dunia nyata tersisih.
b.    Aspek demografis dari individu pengguna internet
Aspek demografis adalah aspek yang harus mempertimbangkan gender, usia, budaya dan SES ( Social – Economic – Status ) dalam interaksi individu dan internet. Di Indonesia, usia muda adalah usia yang paling banyak menggunakan internet. Remaja dan eksekutif muda adalah golongan yang paling banyak menghabiskan waktu berselancar di dunia maya dan bersosialisasi di social media seperti Facebook dan Twitter. Pemasar yang ingin memasarkan produk untuk kawula muda dapat memanfaatkan social media ini sebagai sarana promosi yang ampuh.
REFRENSI
–    http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/dmnm/2004-e-customers-analisis-perbedaan-antara-demografi-psikografi-synchografi-dan-technog
–    http://christaadhi.blogspot.com/2011/03/virtual-identity.html

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a comment